Kenaikan Tuhan

Hari Raya Kenaikan Tuhan pertama-tama mau mengungkapkan iman Gereja akan Tuhan Yesus Kristus yang dimuliakan.  Kenaikan Yesus ke surga bukanlah suatu perpisahan dengan kita, umat-Nya.  Misteri hari ini mengungkapkan bahwa Yesus tetap hadir di tengah-tengah kita, tetapi bentuk kehadiran-Nya berbeda.

Dalam tradisi Ordo kami, pada Misa Hari Raya Kenaikan diadakan perarakan dengan lilin Paskah ke luar Gereja.  Perarakan penuh dengan simbol yang membantu kami untuk semakin masuk ke dalam misteri yang dirayakan.  Kami mengikuti lilin Paskah yang melambangkan Yesus yang pergi ke luar kota, ke tempat Dia naik kepada Bapa.  Lilin tersebut melambangkan Kristus yang tidak kelihatan lagi dalam kemanusiaan-Nya melainkan hadir dalam simbol dan sakramen liturgis.  Perarakan terus berjalan dan kemudian masuk kembali ke dalam Gereja, sebagai simbol “ruang atas” untuk merayakan kehadiran Kristus yang mulia dalam sakramen Ekaristi.

St. Lukas dalam Injilnya mengatakan: “Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku.”  Sambil menantikan janji itu, kita umat beriman mulai mendoakan novena Roh Kudus sampai Sabtu menjelang Pentakosta.

Veni Creator Spiritus, Datanglah Roh Kudus!


Gedono, 26 Mei 2022

menerima Lilin Paskah
berarak kembali ke Gereja