Rahmat Ordo

Kunjungan dan Kapitel Umum

 

Pada bulan Juli 2022 Dom Isaac, Abas dari Pertapaan Koningshoeven, Tilburg – Belanda mengunjungi kami.  Sebelumnya beliau mengunjungi rumah annex Pertapaan Rawaseneng yang berada di Ketapang – Kalimantan Barat dan kemudian ke Komunitas Lamanabi di Flores, yang adalah rumah anak Rawaseneng.

Struktur ordo kami seperti sebuah keluarga, ada bapak dan ibu yang melahirkan sebuah komunitas.  Rawaseneng adalah Bapa Imediatus dan Vitorchiano adalah ibu atau biara induk kami.  Pertapaan Koningshoeven adalah Bapa Imediatus Pertapaan Rawaseneng.  Dengan demikian Dom Isaac adalah “Opa” kami.

Dom Isaac terpilih sebagai Abas Koningshoeven menggantikan Dom Bernardus Peeters yang pada awal tahun ini terpilih sebagai Abas Jendral OCSO.

Komunitas bersama Dom Isaac

•••••

Pada tanggal 1-23 September 2022, para abas dan abdis OCSO yang berasal dari kelima benua berkumpul di Domus Pacis, Asisi – Italia untuk Kapitel Umum yang dipimpin oleh Dom Bernardus Peeters.  Pertemuan ini diadakan 3 tahun sekali untuk membahas situasi dan perkembangan komunitas-komunitas ordo kami.  Pada 16 September, para kapitulan mempunyai kesempatan untuk beraudiensi dengan Bapa Suci Fransiskus.

Paus Fransiskus dan Dom Bernardus Peeters, Abas Jendral OCSO

Dalam audiensinya Paus Fransiskus mendorong rahib dan rubiah Trappist untuk mengejar pencarian yang terinspirasi oleh “mimpi” Yesus: komunio, partisipasi, misi dan formasi.  Silahkan melihat beritanya lebih lanjut di vatican news.