Pembaptisan Tuhan

Yesus datang kepada Yohanes Pembaptis dan minta dibaptis.  Pembaptisan Yohanes adalah tanda pertobatan.  Apakah Yesus perlu dibaptis karena Ia perlu bertobat?  Dia adalah Putra Allah, Dia tidak berdosa.  Lalu apakah arti dari pembaptisan Yesus ini?

Dengan dibaptis, Yesus memeluk panggilan Bapa dan memulai misi-Nya sebagai Hamba Yahwe yang menderita.  Dia yang tak berdosa membiarkan diri dihitung sebagai salah satu dari manusia berdosa.  Tindakan Yesus ini adalah pengosongan diri-Nya.  Dia menerima misi-Nya menjadi Anak Domba Allah yang akan disembelih untuk menghapus dosa dunia.  Dia menyerahkan diri sepenuhnya kepada kehendak Bapa: karena kasih Dia merelakan diri untuk turun dalam pembaptisan kematian demi pengampunan dosa.

Melalui pembaptisan, kita dijadikan satu dengan Yesus.  Kita mati dengan Dia dan sekarang hidup dengan Kristus, melalui Dia dan di dalam Dia.  Dalam pembaptisan kita masuk dalam misteri perendahan dan penitensi.  Kita juga memeluk perjalanan hidup kita menuju kematian tetapi ditransformasikan oleh pembaptisan menjadi misi untuk menyerahkan diri kepada Bapa demi keselamatan kita dan seluruh dunia.  Kita ikut Yesus turun ke dalam air untuk dilahirkan baru dalam Roh dan menjadi putra-putri terkasih Bapa yang berjalan dalam hidup baru (Rm 6:4).

 

Semoga kita hari demi hari berkat rahmat-Nya, tumbuh dalam kesadaran akan kesatuan kita dengan Kristus berkat pembaptisan kita, agar kita sungguh hidup dengan, melalui dan dalam Kristus di dalam keseharian hidup kita.