Paus Emeritus Benediktus XVI

Kantor pers Takhta Suci, Vatican News mengumumkan bahwa Paus Emeritus Benediktus XVI telah meninggal pada Sabtu, 31 Desember 2022, pukul 09.34 pagi dalam usia 95 tahun di kediamannya di Biara Mater Ecclesiae.  Biara ini telah dipilih Paus Emeritus Benediktus XVI sebagai tempat kediamannya setelah mengundurkan diri dari pelayanan sebagai penerus St. Petrus pada tahun 2013.

Pada Senin pagi, 2 Januari 2023, jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI dibaringkan di Basilika St. Petrus, sehingga umat beriman dapat memberikan penghormatan terakhir mereka dengan doa dan salam perpisahan terakhir.

Misa Arwah Paus Emeritus Benediktus XVI dirayakan pada 5 Januari 2023 pada pukul 09.30, di lapangan St. Petrus dipimpin oleh Paus Fransiskus.  Komunitas kami juga merayakan Misa Arwah Paus Emeritus Benediktus XVI pada 5 Januari 2023, pukul 06.00, Misa integrasi dengan Ibadat Pagi.

Syukur atas anugerah hidup, pelayanan, pengajaran, doa-doa Paus Emeritus Benediktus XVI bagi Gereja dan dunia.

Semoga iman, harapan, dan kasihnya kepada Kristus dan Gereja, yang dihidupinya sampai kesudahan menjadi kesaksian akan keindahan hidup sebagai murid-murid Kristus di tengah-tengah dunia, kesaksian bahwa Allah ada, dan benih yang mati akan menghasilkan buah-buah iman bagi umat di benua Eropa.

Semoga Paus Emeritus Benediktus XVI menjadi pendoa bagi kita semua, bagi Gereja dan dunia di hadapan Takhta Allah Bapa.  Amin.

 


 

Allah pemberi segala kurnia, hamba-Mu Paus Emeritus Benediktus XVI
telah Kauangkat menjadi pengganti Petrus dan gembala Gereja-Mu.
Dengan setia ia telah mengajar dan memelihara iman umat-Mu,
serta membagi-bagikan rahmat dan belas kasih-Mu di dunia ini.
Semoga ia menikmati anugerah kekal di surga.
Amin.

(Doa Pembuka Misa)