Peziarahan Gua Natal

Setiap tahun pada masa Natal, komunitas kami membuat peziarahan ke gua-gua Natal yang dibuat di tempat kerja.  Tahun ini kami mengadakannya pada 8 Januari 2023, bertepatan dengan Hari Raya Penampakan.  Kami selalu menantikan peziarahan ini karena merupakan salah satu moment untuk mengalami kebersamaan dalam sukacita.

Peziarahan gua Natal merupakan suatu tradisi yang ditransmisikan kepada ka mi untuk semakin mengenal dan mencintai rumah dengan semua sudut-sudutnya, ruangannya, tangga-tangganya, semua jalan-jalannya dengan aneka tanamannya dan hawa sejuk serta panasnya.

 

Peziarahan dimulai pada pukul 15.00 WIB di Gereja.  Sambil berlutut di hadapan bayi Yesus, kami berdoa Kerahiman Ilahi bersama-sama. Dan kemudian perarakan dimulai ….

Peziarahan menuju ke tempat kerja, di mana gua-gua Natal dibuat.  Hal ini semakin menyadarkan kami bahwa tempat kerja adalah Gereja, di mana karya penciptaan dan penebusan Yesus Kristus terus terjadi.

Perarakan terus berjalan dengan diiringi lagu-lagu Natal ataupun doa-doa, kami mengalami kebersamaan dalam mengikuti Yesus sebagai satu tubuh.  Mensyukuri penyertaan Tuhan dalam peziarahan hidup kami sehari-hari dalam suka, duka, perjuangan, dan berkat-berkat-Nya, sambil membawa keprihatinan dan kerinduan umat manusia di dunia.

Pesta sukacita anak-anak Allah yang berjalan bersama Sang Immanuel.

 

Dengan merayakan Hari Raya Penampakan dan ditutup dengan Pesta Pembaptisan Tuhan, berakhirlah masa Natal 2022.

Semoga di saat ornamen-ornamen Natal dilepas dan disimpan untuk tahun berikutnya dan saat gua-gua Natal dibongkar …. Mimpi dan kerinduan yang dituliskan pada tema gua Natal menjadi kenyataan hidup.  Yesus Sang Immanuel makin dikenal, dicintai, dan diimani.

Kita memasuki masa biasa dalam ingatan yang hidup bahwa kita adalah anak-anak Bapa yang terkasih, dalam penyertaan Sang Immanuel, dan bimbingan Bunda Maria.

 

••  Selamat Memasuki Masa Biasa 2023 ••