Retret 7 Frater TOR

Tanggal 8-15 Januari 2023, 7 Frater seminari TOR (Tahun Orientasi Rohani) Sanjaya mengadakan retret di Gedono didampingi Rm. B. Irawan Heryuwono, Pr dan Rm. Gunawan, Pr.

Retret yang diadakan di Pertapaan Gedono merupakan bagian dari pembinaan untuk semakin menegaskan panggilan mereka dalam menjadi imam-imam Kristus di Keuskupan Agung Semarang.

Para Frater angkatan 42 TOR Sanjaya yang mengikuti retret adalah:

  1. Adven Sanjaya, Theodorus – Banyutumumpang
  2. Benny Wijaya Polycarpus – Ganjuran
  3. Cahyo Sindoro, Valentinus – Panca Arga
  4. Hangger Setiadi, Aloysius – Bonoharjo Wates
  5. Robiyantoro, Yohanes – Somohitan
  6. Sigit Setyoko, Yohanes – Ignatius Magelang
  7. Kuncara Mukti, Filipus – Pangkalan AU Adisucipto

 


 

Selama di Gedono, para Frater ambil bagian dalam ibadat harian dan Ekaristi bersama kami.  Selain itu, mereka juga mendapat materi dari beberapa Suster seperti: Doa, Lectio Divina, Keputraan Ilahi, Roti Padang Gurun (Mazmur), Liturgi, Komunio dan keheningan. Ada juga kesempatan doa Bersama / Lectio Kitab Suci untuk mendalam Sabda. Para Frater juga diberi waktu bimbingan rohani dan bertemu dengan Ibu Abdis untuk membuka hati dan membagikan perjuangan dan pergulatan mereka dalam menanggapi panggilan.

 

Dalam pertemuan dengan komunitas, para Frater membagikan buah-buah retret: mereka sangat mengalami keheningan dan hidup liturgi yang membantu mereka untuk mendalam doa dan membuat permenungan / refleksi.  Jalan Salib yang ada di alam terbuka serta Ruang Adorasi yang ada, menjadi sarana yang sangat membantu untuk membangkitkan lagi semangat doa. Mereka sungguh mensyukuri suasana tenang dan adem yang membantu mereka untuk mengendapkan pengalaman-pengalaman yang telah terjadi. Semakin menegaskan kembali motivasi awal untuk mengikuti panggilan Sang Imam Agung – Yesus Kristus dengan rasa syukur dan tanggung jawab.

 

Terimakasih para Frater atas kehadirannya,
Semoga tekun dalam menanggapi panggilan kasih-Nya sampai kesudahan.
Para Frater adalah wajah Gereja masa depan.

Berkah Dalem!  Tuhan memberkati!