Kunjungan Persahabatan

Kami sungguh bersyukur dan bahagia atas kunjungan persahabatan 36 mahasiswi semester VI dari Universitas Darussalam Gontor, Fakultas Ushuluddin, prodi studi agama-agama yang didampingi oleh Tony Ilham Prayogo, M.Ag dan Nurmala Indah, M.Ag selaku dosen pembimbing.

Sabtu, 18 November 2023, Pk. 13.45, kami dari Pertapaan Gedono yang diwakili oleh Sr. Aloysia dan 4 suster lainnya telah menunggu kedatangan mereka di depan aula.  Romo Gito Wiratno, Pr (Imam Keuskupan Agung Semarang), yang sedang berada di Gedono untuk merayakan Ekaristi di hari esoknya, kami undang untuk ikut serta dalam pertemuan ini.  Kunjungan para mahasiswi ini selain sebagai tanggapan akan semangat moderasi yang digaungkan oleh kementrian agama juga merupakan kegiatan tahunan yang selalu menjadi agenda rutin untuk mahasiswa dan mahasiswi semester VI Prodi Studi Agama-Agama, Fakultas Ushuluddin, Universitas Darussalam Gontor yaitu studi pengayaan lapangan dengan berbagai objek tujuan.  Adapun tujuan studi pengayaan lapangan adalah untuk memperdalam ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan ajaran Gereja di Pertapaan Gedono, yang menjadi salah satu objek tujuan yang diadakan pada tahun ini.

Sr. Aloysia mengawali pertemuan dengan mengajak kami semua untuk doa hening bersama dilanjutkan kata sambutan yang mengungkapkan kebahagiaan kami akan adanya pertemuan ini.  Ibu Indah dalam sambutannya juga mengungkapkan hal yang sama dan meminta kesediaan Pertapaan Gedono jika ada mahasiswi yang akan membuat studi lebih lanjut mengenai Pertapaan Gedono sebagai bahan skripsi untuk meraih gelar Strata1.

Kemudian kami menyampaikan presentasi dengan tema “Meneladan Maria dalam hidup sehari-hari”.  Bagaimana kita pada zaman ini mau belajar dari Bunda Maria membawa kesusahan-kesusahan hidup sehari-hari?  Dalam hidupnya Bunda Maria juga mengalami kesusahan dan penderitaan tapi yang mengagumkan Bunda Maria menghadapinya dengan penuh iman dan percaya pada rencana Allah.  Maria senantiasa menjawab “Ya” terhadap kehendak Allah dan berani mengambil resiko walaupun ia sendiri tidak mengerti apa yang dikehendaki Allah.

Setelah presentasi kami berdialog dan tanya jawab dalam suasana yang terbuka dan apa adanya untuk lebih mengenal satu sama lain.  Acara diakhiri dengan saling bertukar cendera mata lalu bersama-sama kami melihat Gereja.  Kemudian dengan sukacita persaudaraan kami berfoto bersama sebagai kenang-kenangan akan kebersamaan kami.

Terima kasih banyak kepada Universitas Darussalam Gontor, Fakultas Ushuluddin yang telah berkunjung ke Pertapaan Bunda Pemersatu, Gedono.  Semoga relasi persahabatan yang telah dimulai akan terus berlanjut di masa-masa mendatang.

Tuhan memberkati.