Penampakan Tuhan

Kotbah kedua Beato Guerikus dari Igny pada Hari Raya Penampakan Tuhan, diawali dengan kata-kata dari Yesaya 60:1

“Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang!”

Kemudian la menjelaskan: bagi kita, juga bersinar bintang-bintang; bukan hanya satu bintang, tetapi banyak.  Dan yang banyak itu satu karena walaupun banyak, mereka sehati sejiwa dan memiliki iman yang sama, pewartaan yang senada dan hidup yang mirip.  Siapakah bintang-bintang itu?

Mereka adalah orang-orang yang mengajarkan kebenaran.  Mereka itu seperti bintang-bintang di antara bangsa-bangsa yang berjalan dalam kegelapan dosa.  Mereka bersinar karena membawa terang sabda kehidupan.  Kemilau mereka berasal dari terang abadi, yakni Allah sendiri yang merupakan asal dan sumber segala Terang.  Ia berkata kepada mereka: “Kamu adalah terang dunia; biarkanlah terangmu bersinar di hadapan orang sehingga mereka melihat perbuatan baikmu dan memuji Bapamu di surga.”  Mendengar itu, mereka bersinar dengan kata-kata maupun dengan tindakan, dan dengan dua kemilau cahaya ini, mereka mewartakan Dia yang berada di surga.

Maka ingatlah, saudara-saudari sekalian, rumah sejati kalian ada di surga.  Arahkanlah matamu, paling tidak kepada bintang-bintang itu, jika kalian belum mampu mengarahkan matamu ke Sang Matahari.  Kagumilah kemilau yang datang dari kehidupan para kudus dan ikutilah iman dan kekudusan mereka.  Memperhatikan dan mengikuti mereka merupakan jalan lurus untuk menemukan Yesus.  Kita semua, para pemula, perlu belajar untuk mengerti apa yang baik dan berkenan pada Tuhan melalui orang lain yang telah diterangi-Nya.

 

Marilah kita mohon rahmat untuk dapat melihat, mengagumi dan mengikuti terang yang dianugerahkan melalui hal-hal baik dalam diri para kudus dan saudara-saudari kita serta pada gilirannya, membiarkan terang Kristus yang ada dalam diri kita bersinar.