Retret Seminaris TOR

Seminari TOR (Tahun Orientasi Rohani) Sanjaya adalah lembaga gerejawi di bidang pembinaan calon imam diosesan Semarang pada tahap awal dan dasar.  Tujuannya untuk memperkuat dan memperkembangkan dasar-dasar hidup manusiawi dan rohani agar semakin dewasa dalam Kristus, mengantar dan mempersiapkan para calon imam diosesan dalam menghayati hidup panggilannya menjadi imam Kristus di Keuskupan Agung Semarang.

Salah satu bagian dari pembinaan ini adalah kegiatan retret yang diadakan di Pertapaan Bunda Pemersatu Gedono.  Kegiatan tahunan ini telah dimulai sejak tahun 2016.  Tahun ini retret para seminaris TOR Sanjaya angkatan ke-43 diadakan pada tanggal 11-18 Januari 2024, mereka terdiri dari:

  1. Kefas Mahesa Pranata – Paroki Ungaran
  2. Sylvius Bennedicto – Paroki Kramat Jakarta
  3. Daniel Eka Saputra – Paroki Gamping Yogyakarta
  4. Ignatius Surya Darmawan – Paroki Somohitan Sleman
  5. Christian Whenzelt Diastien – Paroki Sumber Muntilan
  6. Marcellinus Christoper Juneo – Paroki Solo Baru

 

Para frater ikut ambil bagian dalam perayaan Ekaristi dan ibadat harian bersama kami, selain itu mereka juga mendapat masukan materi dari para Suster seperti Doa, Lectio Divina, Liturgi, Mazmur dan Keputraan Ilahi, praktek Lectio bersama serta bimbingan pribadi dengan Ibu Abdis dan beberapa Suster.

Lectio Divina bersama sesudah Vigili
Mendapat bekal materi

Para frater bersyukur atas suasana hening yang ada di pertapaan, sehingga mereka dapat berdoa dan beradorasi dengan lebih teratur dan terarah.  Mereka mengalami keheningan sebagai jalan untuk mengenal diri dan perjumpaan dengan Allah sebagai pribadi.  Doa, adorasi,dan  lectio menjadi saat untuk semakin mendalam Sabda Tuhan, terus terbuka untuk mendengarkan suara Tuhan, dan menerapkannya dalam hidup.

 

Para frater juga mendapat berkat berlimpah karena mereka dapat mengalami kebersamaan dalam Ekaristi dengan Bapak Kardinal dan santap bersama komintas, sesudahnya para frater keliling pertapaan.  Sungguh rahmat yang luar biasa.

Menerima Komuni dari Bapak Kardinal
Berfoto bersama Bapak Kardinal Suharyo dan Bapak Uskup Brisbane Mgr. Mark Benedict

 

Para frater, terima kasih atas kehadirannya, semoga buah-buah retret menjadi bekal yang berharga untuk menanggapi panggilan Tuhan sebagai imam-Nya.  Kami senantiasa mengiringi para fater dengan doa.  Berkah Dalem.